Friday, May 23, 2008

Mengejar Berita di Negeri Singa

Kemaren sore pergi ke acara public lecture di Hotel ShangriLa. President of Rwanda, Paul Kagame, is in town. Dia orang berkarisma (meski kalo kita liat tampangnya mah ga bakal nyangka). Dia punya pemikiran yang visioner, beberapa kali ngeluarin remarks yang disambut applause. But right now I’m not gonna talk about him..

Gua duduk di baris kedua dari depan, dan di baris paling depan tuh berjejer para jurnalis dari beberapa kantor berita besar di sini, seperti Saluran-Berita Asia dan koran Hari-Ini. Ngeliat mereka, gua jadi kepikiran, “Jadi jurnalis di Singapur kayanya ga ada tantangannya ya? Cuma dateng ke hotel2 ngeliput acara2 kenegaraan ato event bisnis yang wah. Cari beritanya juga cuman gitu2 aja (politik-yang stabil2 aja, ekonomi-yang maju2 aja, entertainment, lifestyle, art-resensi film & fashion, konser). Rutinitas. Ga ada sesuatu yang ‘beda’.”

Gua sadar sih kalo tiap pekerjaan pasti ada tantangan tersendiri, dan buat mereka yang jadi jurnalis dan emotionally-related sama tipe2 berita yang mereka cari, mereka pasti ngerasa satisfied. Tapi ya.. ini kan pemikiran gua... (Mungkin kalo ada jurnalis Singapur yang baca tulisan gua, bisa2 gua disiram teh tarik panas)

Kenapa gua kepikiran kaya gitu? Soalnya gua siangnya baru baca
blog ini. (baca dulu! Postingan dia lucu2 kok. Tapi jangan keasikan sampe lupa balik lagi baca potingan gua ini!)

Back to the topic.. ngeliput berita di sini kayanya ga seseru ngeliput berita di Indo ato Afrika ato Middle East. Soalnya di sini kehidupannya datar2 aja. Kalo di negara2 laen kan ada political & economic instability, natural disasters, wars, criminals, famine dll. Kayanya lebih asik aja.. tough.. menegangkan.. unik..

Ada yang nangis (
Najwa waktu ngeliput tsunami Aceh. Kaget. pertama kalinya dalam hidup gua ngedenger reporter nge-report sambil nangis)
Ada yang diculik (ini mah udah banyak contoh lah ya..)
Ada yang kerasukan (seperti jurnalis yang ngeliput acara wedding Glenn Fredly & Dewi Sandra di Bali)
Ada ada aja deh… Hehe..

Yang jelas physical challenge-nya lebih tinggi, ga kaya di sini yang kalo ngeliput berita kayanya cuma duduk2 doank attend event di hotel mewah (ato seengganya ga kumuh banget lah).
Kok gua jadi ngeremehin gini ya? Kayanya gara2 ngeliat jurnalis Saluran-Berita-Asia yang arogan itu.. Hihi..

No comments: