Tuesday, June 3, 2008

Kasih Tau ato Engga?

Kemaren siang pas lunch kita ngobrol2 sama salah satu colleague baru yang berasal dari Filipin. Dia dan suaminya kerja di sini. Mereka punya 2 anak di Filipina. Sebenernya mereka punya 3 anak, tapi satu anak sudah meninggal karena demam berdarah. Yang lebih menyedihkan lagi, anaknya meninggal waktu dia dan suaminya ada di Singapur.

Dan tadi siang dia cerita tentang detik-detik kematian anaknya.

Jadi.. anaknya itu masuk ICU karena mengalami komplikasi. Selain demam berdarah, dia juga kena pneumonia dan jadi sesak nafas. Akhirnya dokter (tanpa persetujuan dia & suaminya sebagai orang tua) memutuskan untuk masukkin selang ke tenggorokannya. Tapi ga lama kemudian ternyata darah (dalam jumlah yang banyak) keluar dari mulutnya.. ga berenti2.. (diduga karena teknik pemasukan selang nya kurang bagus dan diperparah dengan kondisinya yang terkena demam berdarah dimana sel pembeku darahnya ada dalam low level sehingga darah sulit membeku). Dan akhirnya anak itu meninggal…

Orangtua colleague gua itu pertamanya ga mau ngasih tau dia kalo anaknya meninggal. Alasannya karena colleague gua itu punya jantung yang lemah. Orangtuanya rencana mau ngasih tau kalo mereka balik ke Filipin. Tapi karena satu dan lain hal, akhirnya ortu nya ngabarin juga (meskipun agak telat).

……

Kabar buruk - dalam hal ini secara sempit berarti kabar bahwa orang tersayang mengalami suatu musibah - emang susah disampein. Si pengabar bakal punya alasan tersendiri buat ga ngabarin. Entah karena mereka takut kalo orang yang bakal dikabarin tuh bakal jadi sedih dan ga bisa nerima kenyataan, sampe ke alasan kesehatan (seperti yang terjadi sama colleague gua yang jantungnya lemah).

Tapi menurut gua sih.. seburuk apapun.. anggota keluarga berhak buat tau. Dalam kasus colleague gua… dia HARUS tau kalo anaknya meninggal. Ga kebayang aja kalo colleague gua baru tau anaknya meninggal pas dia nyampe Filipin (yg ga tau bakal berapa lama sesudahnya).

Heuheu.. lagi sensi sama yang beginian soalnya baru2 ini ngalemin (meski ga separah contoh di atas).

Hari Sabtu kemaren (malem2) temen deket gua -yang kerja di Jakarta dan lagi weekend di Bandung demi nonton konser- sms gua “Ta, tadi gua baru nonton Konser Bersama Gloria (gereja gua di Bandung), GKI Paskal, Gereja Sidang Kristus. Bagus lho. Btw, ta, lo udah denger kabar ttg papi lo ta?”

Kalo nadanya kaya gitu sih… ya pasti kabar buruk lah ya..

Gua bales secepat kilat “Kenapa papi gua?”

Dia bales lagi “Tadi R (temen segereja) bilang ke gua kalo papi elu ketabrak motor, kena kakinya. Tapi gua belum tau kondisinya. Mudah2an ga parah. Ta, sorry banget ya, gua ga tau kalo lo blm tau. Mending lo tanya Een aja.” Een adalah adik bungsu gua.

Gua telpon Een, confirm kebenarannnya. Dia bilang betul, dan papa gua masih di RS. Gua tanya, “Kapan kejadiannya?”
“Selasa…”
Doenk. Seribu2 doenk. Selasa???
Habislah Een kena marah gua versi “Kenapa ga ngasih tau dari kemaren2?” :p
Berbagai alasan pun dia keluarin. Dari abis pulsa (hari geneee? Abis pulsa?), mo ngasih tau lewat online tapi gua ga online (hallooo? Semua temen2 gua tau kalo ampir tiap hari gua online malem2), dan akhirnya.. the ultimate reason yang ga bakal bisa disanggah sama gua…
“Papa bilang ga usah kasih tau elu dulu…”
……
Gua pun berhenti ngasih pertanyaan yang diawali dengan kata “kenapa” & nanyain hal2 yang laen. Hehe..

Yah.. begitulah.. gua sih lebih prefer dikasih tau secepetnya. Ke-doenk-an itu bakal jauh lebih gede banget kalo gua baru tau kondisi papa gua pas gua pulang ke Bandung nanti. Gua bersyukur temen gua itu sms gua. (Kasian juga temen gua itu, dia ngerasa ga enak sama gua n keluarga gua, padahal dia ga salah apa2, malah melakukan kebaikan. Hihi…)


Meskipun bakal sedih… meskipun bakal kepikiran… tapi in the end gua bakal bisa cope. Gua kan punya Tuhan…. dan sodara2 seiman yang tak henti2nya ngedukung n ngedoain :D Dan jadi lebih bagus kan? Jadi lebih banyak yang mendoakan. Hehe..

Kesimpulan: beritakanlah kabar buruk secepat2nya! Jangan cuma gosip aja yang nyebarnya cepet… Huahaha!

No comments: