Monday, June 16, 2008

My Dad… My Role Model… My Hero…

Yesterday is Father’s Day… Jadi inget e-mail sharing yang pernah gua kirim ke temen2 pas waktu dulu gua nganggur di kantor n sering2 email2an sharing experience =) Below is the e-mail (dengan modifikasi)

“Father figure ya.. Gua, koko, n dede2 gua dulu ga deket sama babe, soalnya babe kerja pagi pulang malem, paling cuma hari Minggu kita bisa pergi2 sekeluarga (dan biasanya naek kuda di daerah ITB. Seneng banget!).
Terus selama bertaun2 sampe gua SMA, babe gua buka toko di Tasik (jadi tambah ga pernah ketemu). N babe gua tipe orang pendiem, ga yg suka nanya2 kondisi kita dll. Kalo pulang ke Bandung, paling cuma ngasih duit ke kita anak2 *di satu sisi seneng sih, tapi kadang2 gua suka complain dalem hati "Kok ngasih duit mlulu, ga ngasih perhatian, waktu, dll". Tapi ya gimana.. wong itu duit juga buat gua sendiri. Gua bisa makan , sekolah tinggi, ke Singapur, semuanya juga berkat keringat, darah & air mata (literally!) ortu gua (esp babe). Gua sadar kalo itu tanda kasih babe ke gua. Daripada punya babe yg ga tanggung jawab n nerlantarin* Dan emang urusan RT diserahin full ke mama gua.

Waktu gua kul, babe udah mulai buka usaha di Bdg n dari rumah, soalnya ga gede2(biar bisa deket sama keluarga). Dan hasilnya.. gua DEKET BANGET sama babe. Gua kuliah belajar Hub Internasional. Dan HI kan bagian dari Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, jadi banyak belajar politik, hukum, dkk, baik dalem negeri maupun luar negeri. Gua tuh cinta banget sama HI, makanya SENENG ABIZ kalo udah diajak ngobrol soal politik & hukum.
Gua seneng banget kalo udah ngobrol2 sama babe soal politik. Babe gua pengetahuannya luas banget, n gua suka diceritain soal sejarah2 politik Indo & luar negeri. Qta suka nonton Metro TV bareng *sambil gua sesekali nanya2. N babe gua bakal ngejelasin & cerita2 panjang lebar.. KEREN lah! Kadang pas acara TVnya dah selesai kita masih discuss panjang banget* Hahh.. miss those time!

Gua sehati banget lah sama babe! Like father like daughter tuh bener2. Mama, koko, n dede gua gol darahnya O. Gua n babe gua sama2 A =) Di keluarga, cuma gua sama babe yg sama2 ga bisa makan pedes banyak2, sering susah BAB, n gampang kena sakit perut =)

Babe adalah orang pertama yg dukung gua ke Sg. Sebelum gua jelasin kenapa gua mo ke Sg, babe gua udah ngerti. Gua waktu cuma bilang "Pah, kalo saya mau ke Sg, gimana? Ada duitnya ga ya?". Babe gua tiba2 nyerocos, "Gpp atuh, bagus. Di sana mah negara maju blablabla. Elu pasti bisa berkembang, blablabla. Ntar kalo dah ada pengalaman kerja, bisa apply S2 blablabla." Isn't he amazing? Dan orang yg paling sering gua ajak ngobrol soal masa depan gua adalah babe gua. Hehe..

Dan gua anak kesayangan babe gua! (mengklaim nih! Haha). Gua baru bener2 nyadarin ini pas gua di Sg. Setiap kali kepulangan gua ke Bandung, gua selalu denger omongan & cerita dari sana sini (orang rumah lah, keluarga lah, tante2 n om2 di gereja lah) kalo mereka bisa liat kalo my father is proud of me & misses me a lot. Ternyata babe gua seneng banget cerita2 soal gua ke mereka. =)”

Sedikit tambahan setelah merenung beberapa hari terakhir ini…

What I learnt from my dad:
1. Belajar sabar & tenang/kalem dalam ngejalanin hidup.
2. Belajar untuk menghadapi hidup dengan santai & penuh canda tawa. Papa tuh humoris. Dia bakal dengan kalem nyeletuk hal2 yang lucu. Papa juga gampang deket sama anak2 kecil… dan anak2 kecil juga seneng deket2 sama papa =)
3. Belajar untuk beriman dan punya hati seorang pelayan yang melayani orang2 yg kadang kurang terperhatikan. Papa tuh rajin banget baca Alkitab n berdoa. Di rumah… tiap pulang ngorder barang… gua sering banget liat papa baca Alkitab.
Papa juga ga pernah bolos ikut persekutuan doa Rabu malem. Terlebih lagi… bulan2 terakhir ini mama cerita kalo papa jg rajin ikut persekutuan doa pagi (3 kali seminggu)
Selain doa, papa juga paling seneng melayani jadi sopir. Dia bakal jemputin & nganterin pulang orang2 jompo dan kurang mampu supaya mereka bisa ke ibadah Minggu ato persekutuan doa.
4. Belajar untuk selalu merasa berkecukupan & belajar untuk memberi. Papa tuh sadar bener kalo hidup tuh bukan soal kekuasaan, kedudukan tinggi, & materi, tapi Papa tetep kerja keras ngejalanin tanggung jawabnya buat mencukupi keluarga.
Papa ga pernah ngajar ke gua “Rajin2 cari duit ya… nabung yang banyak… belajar berbisnis yang hebat… jadi CEO…” Kalo bisa dibilang, dari pengamatan gua sepanjang gua hidup, hidup Papa itu seakan berkata, “Nabung ilmu, get wisdom (baik dalam studi elu, pekerjaan elu, bisnis elu). Uang tuh cuma ‘alat’ buat achieve itu semua, dan kalo kamu dikasih lebih dari cukup, uang itu ga boleh disimpen2 sendiri, tapi dikasih ke orang laen yang ngebutuhin supaya jadi berkat buat mereka.”

Huff…Ga usah banyak2 deh ya… Hal2 di atas aja gua masih banyak banget yang belum lakuin =p

No comments: