Tuesday, September 9, 2008

Give Blood, Save Lives

Hari Minggu kemaren di gereja gua di Bandung ada kegiatan donor darah. Singkat cerita, gua berpartisipasi. Selama gua di Bandung dulu emang gua beberapa kali nyumbang darah. Selama 2 taun di Sg gua ga pernah nyumbang. Pikir gua, "Buat apa nyumbang darah buat orang Sg? Mending gua sumbang di Indo, buat orang Indo." *Nasionalisme :p* 

Jadi pengen ngomong2 soal donor darah.

Pada mulanya...

Dari dulu setiap kali gereja ngadain acara donor darah emang gua pengen donor darah. Gua berusaha nanya sama mama gua boleh ga gua donor. Mama gua ga setuju, dengan alasan takut jarum yang dipake buat ngambil darahnya ga bersih. Jadi gua selalu ngurungin niat buat donor.

Pengalaman pertama donor darah tuh terjadi di taun 2005. Waktu itu gua di gereja. Temen gua  terima sms yg isinya bilang kalo ada seseorang yang urgently butuh beberapa labu darah golongan A untuk operasi. Persediaan darah gol A di Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Bandung waktu itu udah abis (dan emang kasus PMI keabisan darah kaya' gini SERING BANGET TERJADI!!!). Dan kalo orang itu ga operasi secepetnya, udah dipastiin dia bakal meninggal.

Well... waktu itu agak dilema juga... soalnya gua termasuk anak yang nurut sama ortu. Tapi hati nurani gua bilang gua harus donor. Kalo misalnya gua telpon minta ijin ortu, udah dipastiin ortu ga bakal ngijinin.  Jadi gua "diem2 membangkang", minta temen anterin ke PMI, soalnya ada temen orang itu yg nunggu dikantor PMI.

Nyampe di PMI sepi banget, soalnya udah di luar jam kerja. Tegang juga... pengalaman pertama bo! Gua melewati beberapa prosedur (menguji apakah gua layak/bisa donor ato ga):

1. Tes darah: Simple kok. Sample darah diambil dari jari tengah tangan kanan. Beberapa detik juga beres.

2. Tes Hemoglobin (zat pembeku darah)

3. Ukur berat badan: Ada minimal berat badan.

4. Ukur tekanan darah: Kalo tekanan darahnya terlalu rendah ato terlalu tinggi juga ga bakal boleh donor.

Setelas lolos uji, gua dinyatakan layak pakai :) Ya udah, darah gua diambil. Ternyata ga semengerikan yang gua kira. Biasa aja kok, ga sakit.. ga pusing.. Seudah donor dikasih makan & minum lho! Hohoho...

Beberapa hari kemudian, gua tanya temen gua gimana keadaan orang itu. Temen gua bilang dia dapetin darah yang dibutuhin, udah operasi, dan tinggal nunggu pemulihan. Gua seneng banget bisa jadi bagian dari proses kesembuhan orang itu! Pengalaman yang ga bisa dilupain seumur hidup! :)

Kenapa gua donor?

1. Coz I was saved by HIS blood :)

2. Karena kebutuhan: Permintaan terhadap darah itu ga pernah abis2. Bahkan bisa dibilang PMI selalu kekurangan persediaan. Most of the time, keluarga pasien harus nyari2 orang dulu buat donor karena ga ada persediaan darah di PMI. Gawat banget klo sampe pasien ga dapet cukup darah...

3. Karena mau & capable: dari segi usia, berat badan, tes darah, tekanan darah. Dan gua yakin masih BANYAK BANGET orang laen yang capable tapi belom donor. Termasuk kalian yang baca blog ini? :)

4. Demi mendapatkan beberapa potong kue marie (ato telur rebus) dan teh Sosro rasa apel kesukaan gua :p

Tips buat yang mo donor

1. Dateng aja ke kantor PMI terdekat. Mereka bakal welcome banget kalo denger elu berminat donor. Jangan lupa cek jam buka kantornya. Ato bisa juga lewat kegiatan2 sosial yang diadain sama satu organisasi tertentu.

2. Malem sebelum donor tolong tidur yang cukup (sekitar 8 jam).

3. Sarapan, makan siang, makan malem yang cukup.

4. Bulatkan tekad :)

Pesan sponsor

Donor! Because...

"Your blood is replaceable... a life is not..."

Last but not least, watch this video! Gua suka banget! Ini suka ditayangin di TV yang ada di stasiun MRT di Singapore.

More information & statistics (esp. for US) can be found in this video.

No comments: