Thursday, July 24, 2008

I Believed


Pengen nonton... tapi banyak yg ga suka.. Hiks2.. The X Files tuh termasuk film seri favorit gua. Dulu tuh.. pas jaman SMP.. gua tiap Rabu malem pasti nonton! Sendirian di ruang TV (soalnya di keluarga gua juga ga ada yg suka nonton). Tapi ga begitu ngefans juga, buktinya movie pertamanya ga nonton. Punya koleksi DVDnya.. tapi baru sampe season 4..
Gua suka soalnya 2 tokoh utamanya: Mulder & Scully, bener2 punya 2 pola pikir yang bertolak belakang. Mulder yang sangat percaya sama hal2 "supranatural" dan Scully yang selalu berusaha mencari penjelasan ilmiah/logis di balik semua peristiwa2 "unik" yang terjadi. Gua ngerasa, di dalam diri gua ada kedua sifat Mulder & Scully. Percaya pada hal2 yang ga keliatan, tapi sometimes ga tahan juga buat nyari penjelasan logis di balik segala sesuatu.
Anyway, lewat The X Files gua belajar "memperluas pikiran gua", terutama karena dalam film ini gua selalu dicekoki sama argumen Mulder vs. Scully. Gua jadi dilatih buat melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda bahkan bertolak belakang. Waktu gua berlawanan pendapat sama orang laen, gua bisa ngerti perspektif dia dan ga ngotot pertahanin pendapat gua kalo lawan gua ternyata bener, tapi gua juga tetep berusaha explain alasan kenapa gua berpikir demikian.
Gua juga suka film The X Files karena endingnya yg ga pernah end :) Gua suka film yang endingnya bener2 ga bisa ketebak ato ga jelas (membuka interpretasi penonton)
Btw, pertama kali liat poster filmnya, hal yang sangat menarik perhatian gua adalah taglinenya:
To Find the Truth, You Must Believe
Kok gua kaya' melihat sebuah message KeKristenan ya? Langsung ngingetin gua sama ayat Alkitab:
John 11:40 (NIV)
Then Jesus said,"Did I not tell you that if you believed, you would see the glory of God?"
Jadi... percaya dulu, baru menemukan. Itu iman yang sejati! Bukan yang sebaliknya (melihat dulu bukti2 ato mujizat, baru percaya).
John 21:29 (NIV)
Then Jesus told him, "Because you have seen me, you have believed; blessed are those who have not seen and yet have believed"
Di dunia post-modern ini banyak orang ga percaya adanya kebenaran mutlak. Kebanyakan orang berpikir, "Semua ajaran/kepercayaan/agama itu sama, semuanya bener". Tapi gua percaya, di lubuk hati mereka yang paling dalem (dan mungkin secara ga sadar), roh mereka rindu pengen tau apa itu kebenaran yang mutlak. Buktinya, mereka mencari2 tau, baca banyak buku2 soal macem2 agama & kepercayaan. Tapi karena mereka ga percaya Tuhan Yesus sebagai Allah, makanya mereka ga nemuin kebenaran absolut itu.
Banyak orang baca Alkitab, tapi cuma nganggap Alkitab sebagai buku moral ato story book. Cuma orang2 yang dianugrahin Spirit of God aja yang bisa nemuin kebenaran dalam Alkitab.
I Cor 2:13,14 (NIV)
"This is what we speak, not in words taught us by human wisdom but in words taught in the Spirit, expressing spiritual truths in spiritual words. The man without without the Spirit does not accept the things that come from the Spirit of God, for they are foolishness to him and he cannot understand them, because they are spiritually discerned."
Hahaha.. udah ah.. ntar malah khotbah..
Gua bukan berusaha mengaitkan The X Files sama Alkitab ya... cuma kebetulan aja kepikiran hal ini pas liat tag line nya :)
Anyway, gua cuma ngasih makanan pembuka doank. Silakan mendalami Alkitabnya masing2 ;)
*Artikel ini merupakan efek samping dari NIV Study Bible yg baru2 ini gua beli :)*

No comments: