Monday, January 12, 2009

My New Job: the Stories Behind and What I Learn

Ok. Sekarang gua bakal cerita2 soal kerjaan baru gua.
Jadi... gua udah tandatangan perjanjian kerja pada hari Jumat tanggal 9 Januari kemaren.
Kerjaannya sebagai Training Executive di perusahaan lokal penyedia jasa pelatihan. Kerjaan gua adalah melatih para domestic workers tentang keselamatan kerja.

Secara kronologis...

Akhir taun Desember sebelum Natal ada seorang temen yang mem-forward email ke gua soal lowongan kerja itu. Gua apply seudah Natal. Tanggal 30 Desember gua ditelpon, dikasih tau kerjaannya apa, dan diminta dateng ke kantornya. Diinterview sedikit kemudian dikasih hardcopy modul yang akan gua ajar. Gua diminta untuk belajar modul itu & latihan presentasi, soalnya gua cuma bakal di-hire sama mereka kalo gua lulus audit dari Dept Tenaga Kerja (Depnaker) nya Sg. Beberapa hari seudah Taun Baru, gua dateng ke kantor itu 2 kali buat dipersiapkan untuk audit. Manajer & Directornya cukup harsh tapi bae, dalam arti mereka bener2 mengkoreksi gua kalo ada yang salah ato kurang.
Presentasi pertama tu bener2 disaster... Manajernya bilang kalo gua keliatan frustasi dan bakal bikin takut semua orang :p Terus mereka coba kumpulin beberapa Indonesian domestic workers buat 'pura2' jadi murid di kelas gua sementara gua presentasi. Ternyata metode itu berhasil. Gua jauh lebih relaks dan jelas presentasi nya jadi jauh lebih bagus :)

Hari Rabu 7 Jan gua presentasi di depan staf Depnaker Sg. Presentasi pertama dalam Bahasa Indo, jam 10 pagi. Presentasi kedua dalam Bahasa Inggris, jam 2 siang. Both went well :)
Besoknya, Kamis 8 Jan, manajernya nelpon ngabarin kalo gua dinyatakan lulus audit dari Depnaker! Cukup kaget juga, soalnya manajer itu bilang hasilnya harusnya keluar dalam seminggu. Tapi... dia propose gaji lebih kecil dari yang dibicarakan sebelumnya. Gua bersikeras bilang klo gua ga bakal terima kerjaan ini kalo ga digaji sesuai pembicaraan sebelumnya. Manajernya bilang dia bakal bilang sama Directornya dan dia minta gua dateng ke kantornya sehari sesudahnya, Jumat 9 Jan. Akhirnya gua pergi ke kantornya, ngobrol2 sama mereka. Kita sepakat dan gua tandatangan perjanjian kerja :)

Apa yang gua pelajari lewat proses pencarian kerja?

1. Prayer: "Be still and know that I am GOD"
Gua belajar banyak buat berdiam di hadapan Tuhan, cari apa yang Dia mau, bukan apa yang gua mau. Gua belajar buat mengalihkan kuasa atas hidup gua. Dari mengandalkan diri sendiri, diganti jadi mengandalkan Dia.

In the end, Tuhan ga kasih apa yang gua pikirkan. Sebagai manusia, jelas gua pengen pekerjaan yang sesuai sama background pengetahuan gua, sesuai dengan pengalaman kerja gua, dan bergaji besar.
Memang ada beberapa interview. Ada pekerjaan yang sesuai banget sama background pengetahuan & pengalaman gua. Gua yakin banget gua bakal diterima. Tapi pada akhirnya ga diterima.
Ada juga yang ga sesuai dengan pengetahuan & pengalaman tapi gajinya gede. Setelah consult sama Tuhan, gua tolak 1. Sempet berpikir apakah gua bodoh sampe nolak interview kedua di tengah kondisi gua butuh kerjaan dan kondisi sulit cari kerja. Tapi waktu itu gua terus dikasih keyakinan bahwa pekerjaan itu memang bukan buat gua...

Akhirnya Tuhan arahkan gua ke pekerjaan ini... Gua bener2 ngerasain banget tuntunan Tuhan dalam ngelewatin setiap proses (interview, latihan presentasi, presentasi di depan staf Depnaker, nego gaji, tandatangan perjanjian kerja). Gua dikasih damai sejahtera. No fear. No doubt. Sedikit worried memang ada, terutama waktu gua mau presentasi dalam Bahasa Inggris. Gua cuma bisa doa. Terbukti, sesudah doa, hati jadi damai dan presentasi Inggris gua lancar! Kekhawatiran kedua adalah soal gaji. Gua sedikit worried kalo misal gua tetep ngotot buat minta gaji sesuai pembicaraan, mereka ga bakal hire gua, apalagi dengan kondisi sekarang dimana perusahaan harus sebisa mungkin menghemat biaya. Hari Kamis malem dan Jumat pagi gua berdoa. Dan Jumat pagi gua berangkat ke kantor dengan langkah pasti. Ternyata, pembicaraan soal gaji ga semengerikan yang gua pikirin. Waktu gua dengan manajer berhadapan dengan Director, dia cuma jelasin kenapa dia turunin gaji lebih rendah dari pembicaraan, karena biar sama seperti trainer2 yang lain. Kalo misal gua digaji lebih tinggi dari trainer lain, dia takut trainer2 lain bakal iri sama gua dan bergosip di belakang gua. Tapi dia juga bilang kalo dia memang sangat bersedia bayar gua lebih tinggi dari trainer2 lain. Dia cuma berharap gua bakal kerja lebih keras dari trainer lain. Gua menyanggupi. And it's a deal! :)

Lewat semua proses itu, gua bener2 ngerasain kalo kerjaan ini memang meant to be for me. Ada damai. Ada keyakinan. Dan kuncinya adalah doa, quiet times, mencari apa kehendak DIA.

2. Word: "But seek first His kingdom and His righteousness, and all these things will be added to you"
Sambil cari2 kerja, kadang2 gua juga suka browsing2 cari informasi soal kursus2. Udah lama memang gua berminat untuk ngambil kursus, dengan tujuan belajar hal2 baru. Salah satu kursus yang kepikiran adalah kursus Teologi. Dari dulu memang sering kepikiran buat blajar lebih lanjut soal Teologi untuk meng-equip dalam kehidupan kerohanian & pelayanan, tapi ga pernah jadi soalnya gua ga pernah act on it. Ga pernah bener2 cari info soal kursus2 yang ada.

Nah, di masa pengangguran ini gua bisa ada waktu cari2 info soal kursus. Masuk ke beberapa werbsite seminari di Sg, terus ngeceng2 beberapa kursus yang ada dan mulai berpikir2. Waktu itu yang kepikiran "Wah, Tuhan, ini menarik banget! Pengen! Duh... tapi sekarang saya kan lagi nganggur... ga ada pemasukan... sedangkan kalo ikut kursus kaya' gini lumayan mahal..."
Akhirnya pada bulan November gua sempet bikin nazar di hadapan Tuhan. Gua bilang, "Tuhan, kalo saya berhasil dapet kerjaan sebelum taun 2008 ini berakhir, saya janji taun 2009 saya bakal mulai ikut kursus Teologi."

Waktu berlalu dan Tuhan membuktikan bahwa gua bikin nazar yang salah :p Gua terus diingetin sama Mat 6:33. Berkali2. Cari kerajaan Allah dan kebenarannya dulu, baru semuanya (termasuk kebutuhan fisik/finansial) ditambahkan kepadamu. Gua disadarin kalo pemikiran gua itu terbalik. Bukan pemasukan dulu, tapi kebenaran dulu.
Semakin hari keinginan untuk ambil kursus ini semakin besar sampe gua ga bisa nahan dan akhirnya memutuskan buat daftar. Di mata beberapa orang, gua mungkin diliat sebagai orang aneh. Belon dapet kerja, eh, malah ikut2 kursus. Bagus kalo kursusnya tuh yang menunjang skill buat kerja. Ini malah ambil kursus yang ga sesuai dengan kerjaan.
Yah... gimana ya... emang udah kehendak Tuhan... ga bisa lari :)

3. The Art of Waiting: "He hath made every thing beautiful in His time"
Kalo ini sih kaya'nya udah jelas :p
Buat dapetin kerjaan ini, gua harus melewati proses pencarian kerja selama 3 bulan. Duh, percaya deh, nunggu itu ga enak banget. Ada saat2 boring, down, males terus-menerus ditanya orang dengan pertanyaan yang sama "Gimana? Udah dapet kerja?", bertanya2 apa ada yang salah sama CV gua, nyesel kenapa dulu ga kursus ini itu, bertanya2 apa gua ngambil keputusan yang salah dengan resign dari perusahaan lama, kekhawatiran tentang kecukupan (ngitung2 sampe berapa lama gua bisa bertahan hidup di Sg dengan tabungan yang tersisa), pikiran mau back for good ke Indo, dan beberapa pemikiran lain yang negatif yang bisa bikin gua undur dalam masa penantian ini.
Tapi sekarang... gua cuma bisa tersenyum waktu inget2 lagi masa2 itu... I thank HIM for HIS faithfulness & strength. Not once He left me nor forsaken me.

Yah... itulah sekelumit perjalanan gua bersama Tuhan dalam proses pencarian kerja ini...
Perjalanan belum berakhir... malah baru aja mau dimulai...
It will be tough. Gua udah di-warn kalo kerjaan ini bakal sedikit membosankan. Gua juga bakal kerja 5.5 hari instead of 5 hari.
But.... let me see the positive side. I will meet a lot of people (domestic workers). I will work with more people (colleagues). It means I have more people & more opportunities to be a blessing :)

Big Daddy, I'm so proud to have a Dad like You. Please, help me to be a child that makes you proud!

2 comments:

Janicelees said...

Wow. Lots to learn ya...Selamat...selain dapet jobnya juga dapet pelajaran iman :).

Ita said...

@Lilis: Iya.. namanya juga proses...
Tapi sepertinya kamu juga sedikit banyak (sudah dan akan) ngalemin hal yang sama :)
Terus semangat! Meanwhile, mumpung masih belon dapet kerja, nikmatin prosesnya dan 'waktu luangnya' :)